Minggu, 25 September 2011

desain dan fasilitas laboratorium fisika sekolah


DESAIN DAN FASILITAS LABORATORIUM SEKOLAH

Pendahuluan
Pendidikan  sangatlah  penting. Pendidikan juga harus sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman tersebut, maka diperlukan peningkatan di segala bidang misalnya terpenuhinya semua fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan. Salah satu fasilitas penunjang pendidikan yang sangat penting adalah adanya laboratorium di sekolah. Tujuan pengadaan laboratorium di sekolah tersebut adalah meningkatkan kemampuan praktek siswa di laboratorium. Laboratorium sekolah haruslah memenuhi standar pembelajaran di sekolah dengan kata lain harus memperhatikan kualitas maupun kwantitas di bidang fisik dan material baik itu berupa sarana gedung, desain gedung, peralatan maupun bahan-bahan praktek, dan tenaga laboratorium yang kesemuanya merupakan komponen penunjang pendidikan praktek siswa di laboratorium. Laboratorium sekolah ada beberapa macam yaitu laboratorium Fisika, laboratorium kimia, laboratorium biologi, dan laboratorium komputer. Adapun yang dibahas dalam makalah ini adalah labotarorium Fisika.

Pengertian Laboratorium
Laboratorium ialah suatu tempat dilakukannya percobaan dan penelitian. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka. Dalam pengertian terbatas laboratorium ialah suatu ruangan yang tertutup dimana percobaan dan penelitian dilakukan. Laboratorium dilengkapi sejumlah peralatan yang dapat digunakan siswa untuk melakukan eksperimen  atau percobaan dalam sains, melakukan pengujian dan analisis, melangsungkan  penelitian ilmiah, ataupun paraktek pembelajaran dalam sains.

Fungsi Laboratorium Fisika
Adapun fungsi laboratorium fisika yaitu Sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktek yang memerlukan peralatan khusus yang tidak mudah dihadirkan di ruang kelas sehingga pembelajaran fisika dapat berlangsung dengan baik. Fungsi laboratorium yaitu sumber belajar dan mengajar, metode pengamatan dan metode percobaan, prasarana pendidikan, media proses belajar mengajar.
Manfaat Laboratorium Fisika
Adapun manfaat laboratorium fisika adalah:
1.      Siswa dapat mempelajari fakta, gejala, merumuskan konsep, prinsip,  hukum, dan sebaginya.
2.      Memperoleh pengetahuan yang bersifat kognitif dan ketrampilan/ kinerja.
3.      Dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan tersebut pada situasi lain/ baru.
4.      Memperoleh sikap ilmiah.
Jenis Laboratorium
            Jenis laboratorium ada dua yaitu:
1.      Laboratorium pembelajaran, digunakan untuk membuktikan teori atau hukum.
2.      Laboratorium riset, digunakan untuk meneliti gejala / fakta, menemukan teori dan hukum.
Perlengkapan Laboratorium Fisika
Laboratorium harus memiliki perlengkapan yang dapat menunjang proses terlaksananya pendidikan praktek siswa. Adapun perlengkapan yang harus dimiliki suatu laboratorium fisika yaitu:
1.      Perabot
2.      Alat peraga pendidikan
3.      Perkakas
4.      Kotak PPPK beserta isinya
5.      Alat pemadam kebakaran
6.      Alat pembersih
7.      Kumpulan buku

Ruangan Laboratorium
            Suatu laboratorium harus memenuhi standar laboratorium yang baik. Laboratorium yang baik adalah dapat menampung siswa dengan kapasitas minimal satu rombongan belajar. Ratio ruang laboratorium terhadap jumlah siswa adalah 2,4 m2 per peserta didik dan luas ruang minimal 48 m2, termasuk ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2.
Ruangan laboratorium fisika dibagi menjadi beberapa ruangan yaitu;
·         Ruang persiapan
·         Ruang penyimpanan
·         Ruang gelap
·         Ruang timbang
·         Ruang praktikum
·         Kebun sekolah (rumah kaca)
Terciptanya kondisi ruangan  yang nyaman, bersih serta bebas polusi demi menjaga kesehatan serta suasana yang menenangkan tentu sangat diharapkan agar proses pengajaran di laboratorium berlangsung dengan baik. Untuk memenuhi serta menciptakan kondisi ruangan yang nyaman, bersih serta  bebas polusi harus ada kerjasama yang baik antara siswa, guru, dan laboran dalam penggunaan ruang baik itu untuk kegiatan lainnya. Diperlukan juga petugas khusus di bidang kebersihan laboratorium.
Desain Laboratorium Fisika
Ada dua desain laboratorium fisika yaitu desain laboratorium fisika tipe kalsikal dan tipe kelompok.
1.      Desain Laboratorium Fisika Tipe Klasikal 
 
2.      Desain Laboratoriun Fisika Tipe Kelompok
Instalasi Laboratorium Fisika
Instalasi laboratorium fisika meliputi instalasi listrik, instalasi air, dan instalasi gas bakar seperti LPG (jika ada) dan alat pemadam kebakaran. Instalasi listrik diperlukan untuk mengoperasikan peralatan yang memerlukan energi listrik dan penerangan pada saat kegiatan praktikum. Instalasi listrik yang perlu mendapat perhtian adalah keadaan kabel. Stop kontak dan sekering-sekering. Pada umumnya stop kontak banyak yang aus karena korosi arus listrik. Apabila dilakukan pergantian perlu dicocokkan kapasitas volt dan ampere dari alat tersebut. Jangan mengganti dengan kapasitas atau mutu yang lebih rendah.
Sedangkan instalasi air diperlukan untuk mencuci peralatan praktek yang kotor, dll. Instalasi air perlu diperiksa setiep wktu, jangan sampai terjadi kebocoran air di dalam laboratorium.
Demikian pula dengan instalasi gas, harus dihindarkan dari kebocoran gas. Pada umumnya Kebocoran gas dapat diketahui dari bau gas yang khas, seperti bau durian yang menyengat.
Perbaikan pada Kerusakan Ringan Peralatan Laboratorium Fisika
Perbaikan suatu alat laboratorium sebaiknya dilakukan oleh orang atau lembaga yang kompeten untuk suatu alat tertentu. Perbaikan ringan suatu alat laboratorium  terbatas misalnya mengganti kabel daya, mengganti colokan listrik, mengganti sekering yang sesuai dengan nilai amperenya, dan mengganti dawai pada alat sonometer atau gelombang transversal.
Untuk mengganti perangkat-perangkat keras sebaiknya dikirim ke instansi yang berwenang saja seperti mengganti transistor pada CRO dan lain sebagainya.

Pembuangan Limbah Laboratorium Fisika
Limbah dari laboratorium fisika umumnya hanya merupakan bahan-bahan yang habis pakai. Oleh karena itu hanya diperlukan kotak sampah untuk pembuangan sementara limbah-limbah tersebut.
Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari pembahasan makalah di atas yaitu;
1.      Laboratorium ialah suatu tempat dilakukannya percobaan dan penelitian. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka.
2.      laboratorium fisika berfungsi Sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktek yang memerlukan peralatan khusus yang tidak mudah dihadirkan di ruang kelas.
3.      Perlengkapan yang harus dimiliki suatu laboratorium fisika yaitu perabot, alat peraga pendidikan, perkakas, kotak PPPK beserta isinya, alat pemadam kebakaran, alat pembersih , dan kumpulan buku.
4.      Ada du jenis desain laboratorium fisika yaitu desain laboratorium fisika tipe kalasikal dan desain laboratorium fisika tipe kelompok.
5.      Suatu labotarorium harus memiliki sistem instalasi listrik dan instalasi air serta memiliki tempat pembuangan limbah praktek.
DAFTAR PUSTAKA
·         SMA Negeri 1 Batang. 2008. http://www.sman1batang.sch.id/fasilitas.php?id_fasilitas=1. Diakses pada tanggal 10 September 2011.
·         Tahang, La. 2010. Peran fungsi laboratorium.http://www.slideshare.net/fbconnect/landingpage?from=http://www.slideshare.net/tahangpette/desain-lab-fisika/download. diakses pada tanggal 11 September 2011.
·         Tahang, La. 2010. Desain laboratorium. http://www.docstoc.com/?doc_id=92663466&download=1 . diakses pada tanggal 11 Sepember 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar