Jumat, 21 Oktober 2011

Pengaruh Cina

tahukah kalian tentang cina.............

Dalam beberapa dasawarsa ini,kita telah banyak merasakan betapa banyak pengaruh yang telah ditebarkannya.bahkan tidak hanya di negara kita tetapi negara negara di eropa dan amerika juga terkena dampak dari revolusi ekonomi cina.Dampak-dampak yang di timbulkan pun tidak sesederhana hama yang merusak tanaman.Tetapi dampak yang mereka buat hampir di semua bidang.Dampak-dampak yang timbul tersebut semuanya akibat dari revolusi ekonomi mereka. 
Semisal di negara kita,beberapa waktu kemarin kita di risaukan dengan produk produk makanan cina yang berbahaya bagi kesehatan seperti susu bubuk dan makanan lain yang banyak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan. Jangankan negara yang sedang berkembang seperti kita,negara-negara maju pun terkena dampak yang paling serius.Banyak dari perusahaan eropa dan amerika yang gulung tikar akibat kalah saingan dengan perusahaan-perusahaan cina,terutama perusahaan tekstil eropa.

bagaimana mungkin bisa terjadi demikian?
begitulah ulah orang-orang cina.

Mereka dengan seenaknya saja membajak produk-produk terkenal dan menjualnya dengan harga murah. Ironisnya produk yang mereka buat sama persis dengan yang aslinya bahkan dengan kualitas yang sama. 

Lalu mengapa mereka bisa menjual dengan harga yang begitu murah bahkan lebih murah dari sepertiga harga barang yang asli?

hal ini disebabkan karena mereka(orang orang cina) mendirikan perusahaan-perusahaan di daerah yang mata uang nregaranya tinggi seperti negara-negara di eropa tetapi proses produksinya mereka lakukan di cina yang biaya upah para karyawan disana sangatlah murah. Tentu mereka dapat melakukan penghematan biaya yang yang sangat besar dalam hal biaya produksi.sehingga mereka bisa menjualnya kembali di eropa dengan harga yang sangat murah.

Selain proses produksi, hal ini juga dikarenakan karena cina tetap menjaga nilai mata uang mereka jauh di bawah mata uang negara-negara maju dengan 1 dollar senilai 8 renminbi. Terjadinya gulung tikar secara besar-besaran di Eropa dan Amerika menyebabkan puluhan juta orang kehilangan pekerjaan. 

Masalah yang begitu pelik ini terjadi karena pembajakan cina yang begitu merebak bak belalang yang menyerbu ladang. Bukan hanya di bidang ekonomi saja,tetapi lingkunagan pun rusak akibat ulah mereka. Josef Pacyma, direktur pusat ekonomi ekologis di Instititut Norwegia untuk penelitian udara, melakukan kalkulasi bahwa cina menyemburkan sekitar 600 ton merkuri ke udara setiap tahunnya dari limbah pabrik-pabrik kimianya, hampir sebanyak seperempat emisi merkuri sedunia. Cina juga sebagai pemproduksi gas rumah kaca kedua setelah amerika serikat. Bayangkan seberapa besar kerusakan alam yang terjadi bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar